DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Ulama Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemungutan Suara Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar Tahun 2020
PENGARANG:Said Khaidir
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-31


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ulama terhadap partisipasi politik masyarakat dalam pemungutan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar tahun 2020.

 

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di tiga kecamatan di Kabupaten Banjar yaitu, Martapura, Astambul, dan Sungai Tabuk. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan masyarakat yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tiga kecamatan lokasi penelitian dengan 100 sampel yang diambil. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample probability sampling, teknik pengambilan sample yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipiluh menjadi anggota sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi yang akan digunakan adalah analisis regresi liner sederhana.

 

            Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis pengaruh ulama terhadap partisipasi politik masyarakat dalam pemungutan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar Tahun 2020 berdasarkan hasil uji regresi sederhana sebesar 12,6% dari 100 sample di tiga kecamatan yaitu, Martapura, Astambul dan Sungai Tabuk, sebesar 87,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

            Terdapat beberapa saran bagi ulama yang memilih terjun dalam aktivitas politik seperti menjadi peserta pada pemilihan umum. Sebagian masyarakat menyarankan bahwa ulama agar kembali ke tugas pokoknya sebagai penasehat antara pemerintahan dan masyarakat, sebagian masyarakat memperbolehkan ulama terlibar dalam aktivitas politik akan tetapi ulama harus mengesampingkan status ulama-nya agar terhindar dari stigma negatif masyarakat.

 

Kata Kunci : Pengaruh Ulama, Partisipasi Politik, dan Pilkada.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI