DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMIDANAAN TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN PEMERKOSAAN YANG MELAKUKAN ABORSI (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI MUARA BULIAN NOMOR: 5/PID.SUS-ANAK/2018/PN.MBN)
PENGARANG:Dyta Artamevia Putri Larisya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-22


 

PEMIDANAAN TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN PEMERKOSAAN YANG MELAKUKAN ABORSI (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI MUARA BULIAN NOMOR: 5/ PID.SUS-ANAK/ 2018/ PN. MBN)

 

Dyta Artamevia Putri Larisya

 

ABSTRAK

 

Tujuandaripenelitianskripsiiniadalahuntuk mengetahui pertimbangan hukum Majelis Hakim dalam Putusan Pengadilan Negeri Muara Bulian Nomor: 5/ Pid. Sus-Anak/ 2018/ PN. Mbn telah tepat dan untuk mengetahui Putusan Pengadilan Negeri Muara Bulian Nomor: 5/ Pid. Sus-Anak/ 2018/ PN. Mbn telah memenuhi asas kepastian hukum, kemanfaatan, dan keadilan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, dengan menggunakan bahan hukum yang diperoleh dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kasus (case approach) dan pendekatan perundang-undangan (statute approach).

 

Hasildaripenelitianskripsiini menunjukkanbahwa:Pertama, pertimbangan hukum Majelis Hakim dalam Putusan Pengadilan Negeri Muara Bulian Nomor: 5/ Pid. Sus-Anak/ 2018/ PN. Mbn belum tepat karena Majelis Hakim tidak mempertimbangkan asas-asas yang ada di dalam Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak serta  tidak melakukan pertimbangan terhadap keadaan pribadi Anak yang merupakan seorang korban dari pemerkosaan yang dilakukan oleh kakak kandungnya. Kedua, Putusan Pengadilan Negeri Muara Bulian Nomor: 5/ Pid. Sus-Anak/ 2018/ PN. Mbn belum memenuhi asas kepastian hukum, keadilan, dan kemanfaaatan.

 

Kata Kunci: Pemidanan, Anak Korban Pemerkosaan, Aborsi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI