DIGITAL LIBRARY



JUDUL: UPAYA GURU PJOK MEMOTIVASI PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BANJARBARU
PENGARANG:RUS`AN RUSBANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-22


ABSTRAK

Rus’an rusbandi. NIM 1710122210036.  Upaya Guru PJOK Memotivasi Peserta Didik Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banjarbaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Sunarno Basuki, Drs,M.Kes., AIFO (II) Mita Erliana, S.Pd.,M.Or.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PJOK memotivasi peserta didik selama pembelajaran daring di sekolah menengah pertama negeri 1 Banjarbaru  dan mendeskripsikan upaya guru PJOK mengatasi masalah peserta didik yang motivasi nya menurun saat pembelajaran daring di sekolah menengah pertama negeri 1 Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 4 orang guru PJOK di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banjarbaru. Menggunakan instrumen berupa wawancara.

Hasil penelitianini menunjukan bahwa guru PJOK sudah memberikan upaya kepada peserta didik. Guru sebagai fasilitator belajar peserta didik berupaya untuk selalu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengungkapkan kendalanya selama pembelajaran daring. Selain itu juga memberikan dukungan, dan bentuk dukungan yang diberikan Guru tidak selalu berupa benda akan tetapi juga dalam bentuk pujian atau komentar positif kepada peserta didik. Guru pjok juga memilih konten video yang baik dan PPT yang menarik yang bisa digunakan dimasa sekarang dengan media penunjang pembelajaran seperti Google meet, zoom, class room dan lainnya. serta juga dengan memberikan kuis yang interaktif. Memberikan reward kepada peserta didik, selain itu juga dengan berkolaborasi antar orang tua dan pihak sekolah untuk tetap mengawasi peserta didik agar motivasi nya tetap di jaga. Selain itu juga, guru pjok tetap memberikan keringanan dan bantuan terhadap peserta didik yang mengalami kendala dalam pembelajaran daring.

Kesimpulan hasil Penelitian upaya guru PJOK memotivasi peserta didik yaitu dengan memberikan konten pembelajaran yang semenarik mungkin dan guru PJOK juga memberikan reward kepada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi peserta didik. Serta upaya guru PJOK mengatasi motivasi yang menurun yaitu dengan memberikan toleransi keringanan dan bantuan terhadap peserta didik yang mengalami kendala dalam pembelajaran daring dan guru PJOK juga berkolaborasi antar orang tua dan pihak sekolah untuk tetap mengawasi peserta didik agar motivasi nya tetap dijaga untuk menunjang keberhasilan pembelajaran daring.

Kata kunci: Motivasi, dan pembelajaran daring.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI