DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH APLIKASI Bacillus thuringiensis TERHADAP POPULASI PREDATOR DAN PARASITOID PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)
PENGARANG:HENDRA MANYU
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2017-10-30


HENDRA MANYU, Pengaruh Aplikasi Bacillus thuringiensis Terhadap Populasi Predator Dan Parasitoid Pada Tanaman Sawi (Brassica juncea .L). Di bimbing oleh Bapak Prof. Dr. Ir. H. Akhmad Gazali. MS dan Bapak Ir. Jumar. MP.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi Bacillus thuringiensis bagi perkembangan populasi predator dan parasitoid yang terdapat pada tanaman sawi dan mengetahui hasil identifikasi B. thuringiensis predator dan parasitoid dalam mengendalikan serangan serangga hama pada tanaman sawi.

 

Penelitian ini dilaksanakan di lahan milik petani di Jalan Sukamara Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan selama 3 bulan dari Desember 2016 sampai Februari 2017. Penelitian ini merupakan percobaan yang dilakukan di dalam bedengan dengan panjang 2 m x 4 m yaitu dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor dengan beberapa konsentrasi Bacillus thuringiensis (Kontrol 100% air, 2, 4, 6 ,8 cc/l air). Semua perlakuan di buat dalam formulasi 100 ml larutan.

 

Pengamatan yang dilakukan terhadap jumlah populasi predator dan parasitoid yang terperangkap menggunakan sweep net dengan 10 (sepuluh) kali ayunan ganda, perangkap kuning yang diletakkan di tengah petak masing-masing 1 perangkap, pitfall trap yang diletakkan masing-masing 1 perangkap dan 4 perangkap pada di sisi petak, serta lampu perangkap (light trap) yang diletakkan di tengah petak masing-masing 1 perangkap di mulai pada jam 6 sore.

 

Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat pengaruh aplikasi Bacillus thuringiensis terhadap semua peubah yang diamati pada populasi predator dan parasitoid yang tertangkap menggunakan perangkap dan di temukan 3 ordo dan 12

 

  ii spesies predator yang tertangkap yaitu ordo Arachnida terdiri dari spesies Laba-laba (Pardosa sp.), dan ordo Coleoptera terdiri dari spesies kumbang hister (Plaesius javanus), Tomcat (Paederus sp.), Kumbang ladybird (Scymnus sp.), Kumbang kepik (Coccinella sp.), Kumbang tanah (Calleida tenuis), Kumbang kubah (Coleophora inaequalis), Kumbang macan sp1 (Cicindella sp1.), Kumbang macan sp2 (Cicindella sp2.), Kumbang (Cryptolaemos montro), Kumbang bangkai (Hydroscaph sp.) Ordo Orthoptera terdiri dari spesies Jangkrik (Gryllus assimilis).

  Sedangkan dari parasitoid ada 1 jenis ordo dan 8 spesies adalah ordo Hymenoptera terdiri dari Parasit pinggang ramping (Goryphus sp.), Lebah (Anastatus), Parasit pinggang pendek (Spathius sp.), Parasit induk semang (Elasmus sp.), Tawon (Brachymeria sp.), Tabuhan (Apanteles sp.), Lebah kertas (Vespula maculate), Parasit pinggang pendek (Coelinius sp.).

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah larutan Bacillus thuringiensis tidak berpengaruh nyata terhadap perkembangan populasi predator dan parasitoid.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI