DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Konteks Lahan Basah Siswa Kelas X SMA Berbasis FlipHTML5
PENGARANG:HERLINA YURISKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-23


Kenyataan di lapangan sampai saat ini menunjukkan mata pelajaran matematika masih menjadi problem bagi siswa. Pandangan tentang materi matematika yang rumit dan sulit membuat para siswa menjadi kesulitan memahami dan mempelajarinya, sehingga perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan masalah kontekstual yang menggunakan kearifan lokal berupa konteks lahan basah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika konteks lahan basah untuk siswa SMA dan (2) mengetahui kriteria kevalidan perangkat pembelajaran matematika konteks lahan basah untuk siswa SMA yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah E-Modul dengan materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika konteks lahan basah berbasis fliphtml5 dan untuk menguji kevalidan. Tahap pendefinisian (define) terdiri dari kegiatan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) terdiri dari kegiatan penyusunan tes, pemilihan format, dan rancangan awal. Serta, tahap pengembangan (develop) terdiri dari uji kevalidan yang dilakukan melalui penilaian para ahli. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar validasi. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu satu orang dosen Pendidikan Matematika FKIP ULM, satu orang dosen Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari Banjarmasin dan satu orang Guru Matematika SMAN 1 Kintap. Hasil dari uji kevalidan berdasarkan lembar validasi yang diisi oleh validator diperoleh rata-rata 79,92% dengan kriteria cukup valid. Berdasarkan hasil kevalidan yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa E-Modul konteks lahan basah berbasis fliphtml5 untuk siswa SMA memenuhi kriteria kevalidan. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI