DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula pada Pilpres 2019 di Kelurahan Pangeran
PENGARANG:CAHAYA SRI MAWARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-24


ABSTRAK

Cahaya Sri Mawarni, 1610413120004, 2022 Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula pada Pilpres 2019 di Kelurahan Pangeran, di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Ibu Ellisa Vikalista.

Kesadaran politik warga negara menjadi faktor determinan dalam partisipasi politik masyarakat, artinya sebagai hal yang berhubungan dengan pengetahuan dan kesadaran akan hak dan kewajiban yang berkaitan dengan lingkungan masyarakat dan kegiatan politik menjadi ukuran kadar seseorang terlibat dalam proses partisipasi politik. Pemilih pemula sebagai objek dalam kegiatan politik, yaitu mereka yang masih memerlukan pembinaan dalam orientasi ke arah pertumbuhan potensi dan kemampuannya ke depan dapat berperan daIam bidang politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kesadaran politik terhadap partisipasi pemilih pemula di Kelurahan Pangeran.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) melalui kuisioner Google Form yang berupa pertanyaan tertulis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan jawaban responden sebanyak 85 orang yang diambil menggunakan rumus sampling dan teknik cluster random sampling. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan program SPSS for Windows versi 26 adalah valid dan reliabel. Data dianalisis dengan menggunakan analisis uji T.

Dari hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh dari kesadaran politikterhadap partisipasi pemilih pemula di Kelurahan Pangeran. Hal ini dapat dilihat dengan signifikansi α = 0,05 dengan hasil uji T = 6,793 dan signifikansinya < 0,05 (0,0000<0,05), artinya hipotesis dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesadaran politik mempunyai pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap partisipasi pemilih pemula di Kelurahan Pangeran.

Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan di atas, maka  dapat diberikan saran yang dapat diberikan adalah seperti meningkatan peran penyelenggara Pemilu, Parpol, Paslon, maupun jurnalis dalam meraih perhatian para pemilih khususnya pemilih pemula baik secara langsung maupun menggunakan media sosial.

 Kata Kunci : Kesadaran Politik, Partisipasi Politik,  Pemilih Pemula

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI