DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS SAK ETAP PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS UMKM AMPLANG SALBIAH ABUK KHAS KUMAI KOTA PANGKALAN BUN)
PENGARANG:RHEYNA DINDA ADELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-24


ABSTRAK

 

Rheyna Dinda Adelia. 2021. Analisis Pengelolaan Keuangan Berbasis Sak Etap Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus UMKM Amplang Salbiah Abuk Khas Kumai Kota Pangkalan Bun). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi , FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Supriyanto, Ak, M. Pd).

Laporan keuangan adalah suatu informasi keuangan dari hasil proses akuntansi yang dapat membantu pengguna laporan keuangan dalam mengambil suatu keputusan. Dewan Standar Akuntansi Keuangan mengeluarkan Standar Akuntansi Keuangan yang dapat memudahkan UMKM untuk membuat laporan keuangan yaitu Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencatatan laporan keuangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Amplang Salbiah Abuk Khas Kumai  dan kendala yang dihadapi usaha Amplang Salbiah Abuk Khas Kumai dalam menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode atau pendekatan studi kasus dengan sumber data primer yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi . Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)  Proses pencatatan laporan keuangan UMKM Amplang Salbiah Abuk Khas Kumai menyusun catatan keuangan secara sederhana dan masih manual., (2) Kendala yang dihadapi oleh UMKM Amplang Salbiah Abuk Khas Kumai dalam pencatatan laporan keuangan berbasis SAK ETAP yaitu: (a) Kurang sumber daya manusia khusus keuangan, (b) Tingkat pemahaman, (c) Tidak adanya sosialisasi khusus keuangan SAK ETAP. UMKM ini memiliki omset sebesar Rp 150.000.000 perbulan dan dalam pencatatannya hanya penerimaan dan pengeluaran kas. Solusi dari kendala yang dihadapi yaitu diadakannya kegiatan pelatihan dan sosialisasi mengenai laporan keuangan berbasi SAK ETAP, dan menyediakan karyawan khusus dibidang keuangan.

Kata Kunci:  UMKM, Laporan Keuangan, SAK ETAP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI