DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND (CLDW) PADA KONSEP PROTISTA TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 9 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | FITRI ANI LUMBAN TOBING | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-03-25 |
Pembelajaran konsep Protista melibatkan ciri karakteristik golongan protisa,
mengidentifikasi spesies Protista, maupun pengklasifikasian Protista karena keterbatasan referensi
sehingga memerlukan bahan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan peserta didik. Culture
Literacy Digital Wetland adalah salah satu perangkat lunak Learning Management Sytem yang
dibuat untuk mempermudah penyampaian materi saat proses pembelajaran yang memuat materi
bahan ajar, soal-soal, pengumpulan tugas-tugas, daftar hadir yang terkait dengan lahan basah yang
digunakan untuk pembelajaran disekolah terutama disaat pandemi Covid 19 pembelajaran
dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan modul
berbasis CLDW terhadap keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik pada konsep
Protista, serta mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan modul berbasis CLDW.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi Exsperimen (eksperimen semu). Sampel
penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 9 Banjarmasin yang dibagi menjadi satu kelas
perlakuan dan satu kelas kontrol. Hasil data keterampilan generik sains dan sikap ilmiah
menggunakan uji Wilocoxon Signed Ranks Test dengan menggunakan program SPSS 25. Dari
hasil penelitian yang diperoleh yaitu Ada pengaruh yang signifikan penggunaan Modul berbasis
CLDW pada konsep Protista terhadap keterampilan generik sains peserta didik dengan nilai
Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0,05. Sedangkan Data sikap ilmiah penelitian ini
menunjukkan bahwa Tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan Modul berbasis CLDW
pada konsep Protista terhadap sikap ilmiah peserta didik dengan nilai dari taraf Sig. (2 tailed) =
0,259 > 0,05. Serta respon peserta didik terhadap penggunaan modul berbasis CLDW
mendapatkan respon yang positif dalam pembelajaran di kelas dengan rata-rata 75% dengan
kategori setuju.
Kata kunci: Protista, CLDW, Modul, keterampilan generik sains, sikap ilmiah.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI