DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK TERHADAP KONTRIBUSI DAN EFEKTIVITAS PAJAK DAERAH YANG POTENSIAL DI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:SELA MONIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-28


Sela Monika (2021).Analisis Perbandingan Sistem Pemungutan Pajak Terhadap Kontribusi dan Efektivitas Pajak Daerah yang Potensial di Kabupaten Tanah Bumbu. Pembimbing : Dr. Muzdalifah, SE, M.Si.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi dan efektivitas Pajak yang dipungut secara Official Assessment System (PBB-P2) dibandingkan dengan Self Assessment System (BPHTB, PPJ, Pajak Restoran dan Pajak MBLB) terhadap PAD Kabupaten Tanah Bumbu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis kontribusi dan efektivitas menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Hasil Penelitian ini adalah Kontribusi Pajak yang dipungut secara Self Assesment System lebih baik dibandingkan dengan Official Assessment System. Walaupun masih dalam kriteria Kurang berkontribusi dan juga masih ada jenis pajak dalam kriteria sangat kurang yaitu Pajak Restoran dan Pajak MBLB. Efektivitas Pajak yang dipungut secara Official Assessment System maupun Self Assessment System sangat Efektif  pada tahun 2016-2020.

Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah, Pajak Daerah, Kontribusi, Efektivitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI