DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA MAN 4 KABUPATEN BANJAR TAHUN 2021
PENGARANG:LARAS WATININGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-28


Laras Watiningsih, 2021. Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa MAN 4 Kabupaten Banjar Tahun 2021. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd, M.Si

Disaat terjadinya penyebaran covid-19 virus ini merupakan virus yang berasal dari kota Wuhan (cina) tahun 2019 dimana pemerintah melakukan kebijakanproses belajar dilaksanakan dirumah melalui pembelajaran daring dengan bantuan teknologi berupa media pembelajaran. Memanfaatkan google classroom dalam pembelajaran daring menarik untuk dikaji berbagai aspek antara guru dan siswa, dari aspek siswa dilihat dari keterlibatan, keaktifan, ketepatan mengerjakan tugas, semangat dan hasil belajar. Tujuan untuk mengetahui 1) untuk mengetahui gambaran pemanfaatan google classroom kelas XII MAN 4 Kabupaten Banjar tahun 2021, 2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas XII MAN 4 Kabupaten Banjar tahun 2021, 3) untuk mengetahui hubungan pemanfaatan google classroom dan hasil belajar siswa kelas XII MAN 4 Kabupaten Banjar tahun 2021. Jenis penelitian ini menggunkan metode deskriftif kuantitatif, sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 112 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penelitian atau kuesioner dalam bentuk google form. Hasil penelitian yaitu 1) pemanfaatan google classromm berkategori tinggi dengan nilai persentase 71,02%, 2) hasil belajar dengan kategori sedang dengan nilai perolehan rata-rata sebesar 84,44, 3) Terdapat hubungan yang signifikan pemanfaatan google classroom dan hasil belajar siswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan Berdasarkan hasil uji t variabel pemanfaatan google classroom (X) dan hasil belajar (Y) diperoleh dengan nilai sig sebesar 0,019 < 0,05 dengan nilai t hitung 2,375 > nilai t tabel 1,961 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan.

Kata Kunci : Google Classroom, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI