DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL AMIN MUHAMMADIYAH ALABIO SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MODERN DI HULU SUNGAI UTARA TAHUN 1976-2020
PENGARANG:NURUL FAUZIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-29


Pondok Pesantren Nurul Amin Alabio merupakan diantara amal usaha milik Muhammadiyah di bidang pendidikan yang terletak di Hulu Sungai Utara. Kehidupan sosial santri di pesantren dapat terlihat dari bagaimana santri dapat mengatur hubungan sosialnya sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) sejarah berdirinya, (2) sistem pendidikan dan (3) interaksi sosial yang terjadi di Pondok Pesantren Nurul Amin sebagai lembaga pendidikan Islam modern di Hulu Sungai Utara.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dengan heuristik yaitu penulis mengumpulkan data-data baik itu data primer maupun sekunder dengan melakukan wawancara pada tokoh Muhammadiyah yang mengetahui sejarah Pondok Pesantren Nurul Amin, kemudian menggali informasi melalui dokumen, buku dan jurnal, serta bangunan pondok. Langkah selanjutnya penulis melakukan kritik dengan cara menguji kebenaran sumber melalui triangulasi yaitu membandingkan tiga jawaban hasil wawancara dengan narasumber. Langkah ketiga penulis melakukan interpretasi atau penafsiran terhadap sumber yang didapat. Langkah terakhir adalah historiografi yang dituangkan dalam bentuk karya tulis sejarah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Nurul Amin Muhammadiyah Alabio didirikan pada tahun 1976 oleh KH Kasyful Anwar, KH Abdul Hamid Kaderi dan KH Abdul Hamid Ibrahim di Desa Pandulangan Alabio. Pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren ini menggunakan sistem pendidikan Islam modern dimana mengintegrasikan sistem klasikal dan sekolah dalam satu lingkungan belajar serta sarana prasarana yang digunakan telah mengikuti perkembangan zaman seperti internet, komputer, ruang kelas dan lain?lain. Pembinaan dalam kehidupan sosial santri di lingkungan pesantren dilakukan oleh pengasuh pondok yang masuk dalam struktur organisasi pondok dengan kyai sebagai pemimpinnya. Interaksi sosial terjalin dengan baik antara sesama santri, santri dengan kyai, asatidz dan masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kehidupan sosial santri di Pondok Pesantren Nurul Amin terbangun dengan baik, terdapat integrasi antara pendidikan agama dan ilmu pengetahuan umum yang sesuai dengan era kekinian sehingga terbentuk karakter santri yang kuat dan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI