DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN JASA EKSPEDISI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT JURUSAN IPS ANGKATAN 2018)
PENGARANG:SITTI HADIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-29


 

                                    ABSTRAK

Sitti Hadijah. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Jasa Ekspedisi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Jurusan IPS Angkatan 2018). Pembimbing Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd.

Masalah dari penelitian ini apakah harga dan kualitas pelayanan jasa eskpedisi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan jasa ekspedisi terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan 2 variabel dependen yaitu, harga dan kualitas pelayanan, serta 1 variabel independen yaitu, kepuasan konsumen. Metode yang digunkanan adalah pendekatan kuantitatif, sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan Purposive Sampling berdasarkan kriteria tertentu yaitu, mahasiswa yang sering menggunakan jasa ekspedisi, mahasiswa FKIP ULM angkatan 2018, dan mahasiswa jurusan IPS angkatan 2018. Metode analisis data yang digunakan yaitu berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R2).Berdasarkan hasil analisis data, hasil menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pada uji hipotesis variabel harga ditemukan hasil bahwa harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung sebesar -3,348, karena Thitung < Ttabel atau -3,348 < 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05, dan pada variabel kualitas pelayanan ditemukan hasil bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T untuk variabel kualitas pelayanan dengan nilai Thitung sebesar 21,189, karena Thitung > Ttabel atau 21,189 > 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, serta pada variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F dengan nilai Fhitung 288,934  >  Ftabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

Kata Kunci : Harga, Kualitas pelayanan  dan kepuasan konsumen.


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI