DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS DESA KETAPANG KECAMATAN GUNUNG TIMANG KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:RESGI BENEDICTA KARLO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-30


Abstrak

Resgi Benedicta Karlo, 1610413610030, Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap 

Kepuasan Pasien di Puskesmas Desa Ketapang. Di bawah bimbingan Ellisa 

Vikalista,S.H., M.IP

Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat di desa adalah hal yang komplek dan begitu 

pentingnya kesehatan bagi manusia, sehingga semua manusia berhak mendapatkan 

pelayanan kesehatan yang layak. Puskesmas merupakan pihak terdepan dalam pelayanan 

kesehatan oleh sebab itu keberadaan Puskesmas sangatlah penting, selain itu Puskesmas 

adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan tempat 

pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat 

divsamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Puskesmas 

di Desa Ketapang Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara Provinsi 

Kalimantan Tengah terhadap kepuasan pasien.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan di Puskesmas Desa 

Ketapang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. 

Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Data yang 

dikumpulkan akan di analisis menggunakan teori dari Zeitham et.al.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan terhadap 

kepuasan pasien Puskesmas Ketapang dapat dikatakan memuaskan

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Puskesmas Ketapang, Kepuasan 

Pasien

 

Abstract

Resgi Benedicta Karlo, 1610413610030, Quality of health service against patient 

satisfaction at Puskesmas Ketapang. Under guidence by Ellisa Vikalista,S.H., M.IP

Health services for the people at village is a complex and so important for human life, so 

every human deserve got a good health service. Puskesmas is a part of the most important 

thing cause of that matter Puskesmas existence very needed, other than that Puskesmas is 

a functional health organization that is the development of public health who also foster 

community participation in addition to providing a comprehensive and integrated regional 

community work in the form principal activities, and to know the quality of services at 

district health centers for patients.

The purpose of this research is to knowing how good health service quality at Puskesmas 

Ketapang in sub district Gunung Timang head district North Barito Province of Central 

Kalimantan about people satisfaction. 

This resesearch is conducted with qualitative descriptive in Ketapang health center. 

Collecting techniques using interviews and documentation. Analysis the data used in this 

study is descriptive data analysis. Collecting the data will analysis using Zeitham.et.al 

theories.

The result showed that quality services of health services against patient satisfaction at 

Puskesmas Ketapang was satisfactionable

 

Keywords : Quality, Services, Health, Puskesmas Ketapang, Patien Satisfaction

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI