DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Ketaatan Pelaporan Keuangan, Sistem Pengendalian Internal, dan Ketaatan Pelaporan Keuangan terhadap Pencegahan Fraud dengan Moralitas sebagai Variabel Moderating
PENGARANG:Lisa Anggereani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-31


Lisa Anggereani (2021). Pengaruh Ketaatan Pelaporan Keuangan, Sistem Pengendalian Internal, dan Ketaatan Pelaporan Keuangan terhadap Pencegahan Fraud dengan Moralitas sebagai Variabel Moderating. Pembimbing 1: Dr. Sarwani. Drs, M.Si, Ak, CA. Pembimbing 2: Achmad Suhaili, SE., M.Si, Ak.

 

Penelitian ini dilakukan untuk (1) menguji dan menganalisis pengaruh antara kompetensi aparatur desa terhadap pencegahan fraud; (2) menguji dan menganalisis pengaruh antara sistem pengendalian internal terhadap pencegahan fraud; (3) menguji dan menganalisis pengaruh antara ketaatan pelaporan keuangan terhadap pencegahan fraud; (4) menguji dan menganalisis moralitas  dapat memoderasi kompetensi aparatur desa terhadap pencegahan fraud; (5) menguji dan menganalisis moralitas dapat memoderasi Sistem Pengendalian Internal terhadap pencegahan fraud; (6) menguji dan menganalisis moralitas  dapat memoderasi Ketaatan Pelaporan Keuangan terhadap pencegahan fraud.

Responden penelitian ini adalah 114 orang perangkat desa meliputi kepala desa, sekretaris desa, kaur keuangan, dan pendamping desa di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Data diolah dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS Professional v. 3.0

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari variabel kompetensi aparatur desa dan ketaatan pelaporan keuangan terhadap pencegahan fraud, temuan lain untuk variabel sistem pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa. Kemudian moralitas mampu memoderasi kompetensi aparatur desa, sistem pengendalian internal dan ketaatan pelaporan keuangan terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan desa.

 

Kata Kunci: kompetensi Aparatur, Sistem Pengendalian Internal, Ketaatan Pelaporan Keuangan, Pencegahan Fraud

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI