DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Menumbuhkan Minat Kepemimpinan Terhadap Calon Pengurus OSIS di SMP Negeri 23 Banjarmasin
PENGARANG:RIZQA VIDYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-04


ABSTRAK

Rizqa Vidyanti. 2020. Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Menumbuhkan Minat Kepemimpinan Terhadap Calon Pengurus OSIS Di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi., M.Pd .Pembimbing : (II) Mufida Istanti, M.Pd. 

Kata Kunci  : Teknik Modelling , Minat Kepemimpinan.

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya peserta didik yang masih memiliki minat kepemimpinan yang rendah yang mengakibatkan peserta didik tidak berani mengambil keputusan, kurang bertanggung jawab serta kurang berinisiatif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk menumbuhkan minat kepemimpinan pada calon pengurus OSIS.  

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 6 orang. Instrument pengumpulan data berupa skala pengukuran skala likert.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan pengujiam dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus uji T-test yang menunjukan bahwa thit > Ttab yaitu 0,451 > 2.228. jadi kesimpulan yang didapat yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti teknik modelling dalam layanan bimbingankelompok efektif dalam menumbuhkan minat kepemimpinan terhadap calon pengurus OSIS. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI