DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM PENDEK "TILIK" DI MEDIA ONLINE YOUTUBE
PENGARANG:SAUFIATU RAHMINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-05


 

Saufiatu rahmini, 1710414220029, 2022, Analisis Semiotika Representasi Perempuan dalam Film Pendek “Tilik” di Media Youtube. Dibimbing oleh Noviana Sari dan Achmad Bayu Chandrabuwono.

Film pendek Tilik yang tayang di Youtube pada Agustus 2020 ini sempat viral dimedia sosial, sosok Bu Tejo menjadi sorotan warga Twitter karena sangat cerewat dan suka bergosip. Film ini juga menjadi perbincangan banyak pihak karena hampir semua tokoh didalam film ini didominasi oleh perempuan, film ini banyak menerima pujian dan kritik mengenai perempuan dalam film ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan dalam film pendek Tilik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif menggunakan teori feminisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data diawali dengan menonton film pendek Tilik, memotong scene-scene pada film tersebut yang mengandung atau berhubungan dengan penggambaran perempuan, dan dilanjutkan menganalisis scene-scene tersebut berdasarkan kode-kode televisi John Fiske yang mencangkup level realita, level representasi, dan level ideologi. Penelitian ini menggunakan triangulasi metode sebagai teknik validasi data.

Hasil penelitian dan pembahasan dari film pendek Tilik, menemukan bahwa perempuan direpresentasikan sebagai berikut: (1). Perempuan dan politik, Perempuan direpresentasikan bisa menjadi sosok pemimpin dan terjun ke ranah politik lewat sosok Bu Lurah dan Bu Tejo. (2). Perempuan dan pengambilan keputusan, sosok Dian mewakili perempuan mandiri dalam mengambil keputusan, Dian dengan sadar menjalin hubungan dengan laki-laki yang lebih tua, dan berani melawan arus. (3). Perempuan dan status sosialnya, lewat Bu Tejo perempuan direpresentasikan sebagai sosok yang suka menggunakan banyak emas untuk memperlihatkan status sosialnya. (4). Perempuan dan kekuatan, tidak hanya selalu soal fisik, perempuan yang kuat tercermin dari sikap, pemikiran, pendirian. (5). Perempuan dan dukungan, perempuan yang saling mendukung diperlihatkan lewat sosok Yu Ning yang tidak terima saat Dian dijelek-jelekkan oleh Bu Tejo. (6). Perempuan dan kecendrungan bergunjing, direpresentasikan lewat Bu Tejo yang selalu membicarakan tentang Dian.

 

 

Kata Kunci: Representasi, Semotika, Tilik, Perempuan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI