DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ETOS KERJA GURU NGAJI DI TK AL-QUR’AN AL-KHAIRIYAH DI DESA SUNGAI LULUT KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MARIYANIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-05


 Di TK Al-Qur’an Al-Khairiyah di Desa Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Alasan rendahnya etos kerja guru ngaji tidak terlepas dari kebiasaan guru-guru itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bahwa 1) Alasan rendahnya etos kerja guru ngaji di TK/TPA Al-Khairiyah 2) Upaya yang sudah dilakukan oleh pengelola untuk meningkatkan etos kerja guru ngaji di TK/TPA Al-Khairiyah.

Pada Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan alasan karena permasalahan belum jelas, holistik, kompleks, dinamis dan penuh makna. Sumber data yang digunakan yaitu dengan cara purposive sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Alasan rendahnya etos kerja guru ngaji di TK/TPA Al-Khairiyah karena 5 faktor, yaitu : Menjadi guru mengaji bukan keinginan sendiri, Keterpaksaan mengisi kelas klasikal, Tidak terima dengan perlakuan kepala unit, Guru mengaji dianggap sebagai pekerjaan sampingan dan Ketidak sesuaian jam di sekolah  dengan jam seharusnya. 2) Upaya yang sudah dilakukan oleh pengelola untuk meningkatkan etos kerja guru ngaji di TK/TPA Al-Khairiyah dengan 4 cara, yaitu : Memberikan bonus tambahan, Mempercepat waktu di sekolah dari jam normal, memberikan penilaian kinerja dan memberikan fasilitas yang dapat mendukung proses belajar mengajar.

Berdasarkan penelitian ini, disarankan guru-guru di TK/TPA Al-Khairiyah untuk meningkatkan dan memlihara etos kerjanya yakni dengan meningkatkan kualitas atau  realisasi dirinya, disiplin, bekerja efektif ikhlas, bersyukur dan bertanggungjawab terhadap tugasnya. Untuk pengelola diharapkan dapat memberikan perhatiannya dan mengajak memperbaiki keadaan serta memberikan apresiasi kepada guru berupa  reward atau bonus yang sepadaan.

 

 

Kata Kunci : Etos Kerja, Guru Ngaji, TK Al-Qur’an

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI