DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK PADA SMK DHARMA PUTRA BANJARMASIN
PENGARANG:BAGINDA SAYYID MAULANA IBRAHIM, S.Pd
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-30


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Pendidikan, Tingkat Kepuasan
Peserta Didik.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Kualitas Pelayanan
Pendidikan dan Tingkat Kepuasan Peserta Didik Pada SMK Dharma Putra
Banjarmasin, penelitian ini dilatarbelakangi upaya peningkatan mutu pendidikan
yang berfokus pada peserta didik sebagai internal customer. Peningkatan mutu
pendidikan dilakukan dengan peningkatan mutu pelayanan sekolah, yaitu meliputi
mutu pelayanan Guru, pelayanan petugas administrasi, dan pelayanan sarana
prasarana sekolah dari perspektif peserta didik maka perlu dilakukan penilaian
mutu pelayanan sekolah dan kepuasan peserta didik dengan setting penelitian lima
dimensi kualitas pelayanan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan objek
penelitian SMK Dharma Putra Banjarmasin. Penelitian difokuskan pada
permasalahan yang berkaitan dengan : 1) mendeskripsikan harapan dan kenyataan
peserta didik terhadap pelayanan Guru, petugas administrasi dan sarana prasarana.
2) mengetahui kualitas pelayanan sekolah dengan lima dimensi kualitas
pelayanan, 3) mengetahui perbedaan antara pelayanan yang diharapkan dengan
yang dirasakan, 4) mengetahui variabel-variabel penting yang prioritas utama
untuk ditingkatkan yang berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan di SMK
Dharma Putra Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah
instrumen kuesioner penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Dharma Putra
Banjarmasin semester genap 2016 – 2017, populasi terdiri dari peserta didik kelas
X (semester 2), kelas XI (semester 4), dan kelas XII (semester 6). Analisis data
dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis gap, uji t dan analisis importance
dan performance matrix.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan sekolah
termasuk dalam kategori Cukup puas. Menurut jenis pelayanannya kualitas
pelayanan Guru dan petugas administrasi (tata usaha) tergolong kategori Cukup
puas, sedangkan pelayanan sarana prasarana tergolong kategori kurang puas.
Terdapat perbedaan yang bermakna antara pelayanan yang diharapkan peserta
didik dengan pelayanan yang dirasakan demikan pula terhadap masing-masing
kualitas pelayanan lima dimensi yang dinyatakan peserta didik. Variabel-variabel
penting yang prioritas utama untuk ditingkatkan terdiri atas 8 sub variabel berasal
dari dimensi wujud/kenyataan yaitu (kelengkapan buku perpustakaan,
kenyamanan ruang baca perpustakaan, kemudahan akses internet, hot spot/wi fi
sekolah, toilet bersih, ketersediaan air toilet, lingkungan sekolah hijau, rindang
dan nyaman, dan sarana prasarana program keahlian lab tersedia dan cukup).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI