DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KELEMBAGAAN BEBERAPA KTH DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA DI KPH PULAU LAUT SEBUKU KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:DEWI WULANSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-06


 

ABSTRAK

 

DEWI WULANSARI. “Pengembangan Kelembagaan, Peran Serta Kelembagaan Kelompok Tani Hutan, Sosial Ekonomi dan Strategi dalam Pengelolaan Hutan di Wilayah Kerja Kelompok Tani Hutan Pulau Laut Sebuku Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan.” Tesis. Program Studi Magister Ilmu Kehutanan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Ir. Zainal Abidin, M.P. dan Dr. Hafizianoor, S,Hut, M.P.

 

 

 

Kata kunci: Kelembagaan, Kelompok Tani Hutan, sosial ekonomi

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan Kelembagaan Kelompok Tani Hutan (KTH) melalui penilaian kelas Kelompok Tani Hutan (KTH) Di Wilayah Kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Laut Sebuku Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, menganalisis Tingkat Peran Serta Kelompok Tani Hutan (KTH) dalam Pengelolaan Hutan Di Wilayah Kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Laut Sebuku Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, menganalisis hubungan pengaruh faktor sosial ekonomi Kelompok Tani Hutan (KTH) terhadap peran serta Kelompok Tani Hutan (KTH) dalam Pengelolaan Hutan Di Wilayah Kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Laut Sebuku Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, menyusun Strategi Kelompok Tani Hutan (KTH) dalam pengelolaan hutan di wilayah kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau LautSebuku. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif kulitatif. Cara penentuan sampel adalah Purposive Sampling. Untuk pengembangan kelembagaan, responden atau sampel diambil dari Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) yang ada di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Laut Sebuku Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 11 (sebelas) Kelompok Tani Hutan (KTH). Dan untuk Peran Serta Kelompok Tani Hutan (KTH), Sosial Ekonomi, dan Strategi Pengelolaan Hutan, responden atau sampel Kelompok Tani Hutan (KTH) diambil di 3 (tiga) Wilayah Kerja Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Laut Sebuku diantaranya pada Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Pulau Laut Utara dan Sebuku 5 (lima) Kelompok Tani Hutan (KTH), Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Pulau Laut Tengah 4 (empat) Kelompok Tani Hutan (KTH), Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Pulau Laut Selatan  4  (empat) Kelompok Tani Hutan (KTH). Berdasarkan hasil studi penilaian Kelas Kelompok Tani Hutan (KTH) di wilayah kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Laut Sebuku tahun 2020 dari aspek dan indikator penilaian kemampuan yaitu Kelola Kelembagaan, Kelola Kawasan dan Kelola Usaha, terdapat 7 (tujuh) Kelompok Tani Hutan (KTH) dengan kelas pemula dan 4 (empat) Kelompok Tani Hutan (KTH) yang telah meningkat kelas kelompoknya menjadi kelas madya; Peran Serta Kelompok Tani Hutan (KTH) dalam Pengelolaan Hutan Di Wilayah Kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Laut Sebuku tergolong tinggi; hubungan karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi Peran serta Kelompok Tani Hutan (KTH) dalam Pengelolaan Hutan yaitu lamanya berusaha tani, frekuensi mengikuti penyuluhan. dan pendapatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI