DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KEBERHASILAN REHABILITASI DI SUB-SUB DAS RIAM KANAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ROFFI MEIDISAWARMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-06


 

ABSTRAK

 

Roffi Meidisawarman,2021. Tingkat Keberhasilan Rehabilitasi di Sub-sub DAS Riam Kanan Kabupaten Banjar. Tesis. Program Studi Magister Kehutanan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Dibimbing oleh: (1)Dr. Ir. Yusanto Nugroho, S.Hut., M.P.dan (2) Dr. H. Kissinger, S.Hut., M.Si.

 

 

 

Kata Kunci: Tinggi tanaman, persentase tumbuh, keberhasilan rehabilitasi DAS

 

 

 

Tujuan penelitain ini adalah untuk menganalisis tingkat keberhasilan rehabilitasi di sub-sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Riam Kanan dan strategi peningkatan keberhasilan rehabilitasi di sub-sub DAS Riam Kanan Kabupaten Banjar. Metode pengumpulan data menggunakan pengukuran di lapangan serta kuisioner terhadap Kelola Kawasan. Data dianalisis  mengguanakan skala likert.

 

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa penilaian keberhasilan rehabilitasi DAS cukup berhasil dengan rincian: pada vendor swakelola masyarakat hasil petak 2, 3 dan 4 memperoleh kriteria keberhasilan karena melebihi dari 75% hasil penanaman, sedangkan petak 1 dan 5 tidak masuk dalam kriteria keberhasilan. Pada vendor BUMN Blok III hasil petak 2 dan 3 memperoleh kriteria keberhasilan karena melebihi dari 75% hasil penamanan, sedangkan petak 1, 4 dan 5 tidak masuk dalam kreteria keberhasilan. Pada vendor BUMN Blok IV hasil petak 1, 2, 3, 4 dan 5 memperoleh kriteria keberhasilan karena melebihi dari 75% hasil penamanan. Begitu pula pada vendor swasta hasil petak 1, 2, 3, 4 dan 5 memperoleh kriteria keberhasilan karena melebihi dari 75% hasil penanaman.

Strategi peningkatan keberhasilan rehabilitasi yaitu (1) optimalisai kinerja vendor pelaksana dengan melaksanakan kegiatan sesuai dengan rancangan teknis yang sudah ditetapkan seperti teknis penanaman dan pemeliharaan, (2) peningkatan pengawasan, monitoring dan evaluasi pada kegiatan rehabilitasi oleh instansi pemerintah, (3) peningkatan pendampingan dan penyuluhan oleh pemerintah kepada masyarakat tentang rehabilitasi DAS, dan (4) peningkatan pastisipasi masyarakat dalam kegiatan rehabilitasi DAS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI