DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM JARINGAN OLEH MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP ULM PERIODE TAHUN 2020 DI SMKN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:PIPIT PITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-06


Secara umum pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan mengalami beberapa kendala yaitu guru kurang menguasai teknologi pembelajaran dalam jaringan; tidak  semua  peserta  didik  berada dalamkemampuanekonomiyang sama; orang tua menyediakan kuota internet tambahan dan mendampingi anak belajar dalam jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kegiatan mengajar sejarah dalam jaringan oleh mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP ULM periode tahun 2020 di SMKN 4 Banjarmasin; (2) Menjelaskan kegiatan non-mengajar sejarah dalam jaringan oleh mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP ULM periode tahun 2020 di SMKN 4 Banjarmasin; (3) Mengetahui sistem evaluasi pembelajaran sejarah dalam jaringan oleh mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP ULM periode tahun 2020 di SMKN 4 Banjarmasin.

Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahaan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan mengajar sejarah dalam jaringan oleh mahasiswa  Praktik Pengalaman Lapangan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dalam jaringan; (2) kegiatan non-mengajar sejarah dalam jaringan oleh mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan meliputi persiapan dan pelaksanaan senam pagi; (3) sistem evaluasi pembelajaran sejarah dalam jaringan terdiri dari penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dalam jaringan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP ULM periode tahun 2020 di SMKN 4 Banjarmasin dapat terlaksana dengan baik mulai dari kegiatan mengajar, kegiatan non-mengajar dan sistem evaluasi pembelajaran dalam jaringan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI