DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Teluk Gosong di Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:Muhammad Ihza Anfasa Noor
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-06


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran partisipasi masyarakat dalam pengembangan obyek wisata Pantai Teluk Gosong di Kabupaten Kotabaru.

     Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan analisis data yang digunakan juga kualitatif dengan 15 informan fenomenologi. Metode perolehan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tunjukkan hasilnya bahwa peran serta Komunitas sangat penting untuk berdirinya destinasi wisata ini . Berdasarkan usulan kebijakan dan keinginan masyarakat untuk meningkatkan pendapatannya, perekonomian ini menjadi nafas lega bagi sekitar  orang yang bisa menggarapnya. Keterlibatan masyarakat  sangat berpengaruh. 

      Hasil dari penelitian ini menunjukkan Partisipasi masyarakat sangat berperan untuk berdirinya tempat wisata. Bentuk partisipasi masyarakat dalam bidang sarana dan prasarana adalah hal yang sangat berpengaruh besar, promosi tempat wisata Teluk Gosong dilakukan dengan berbagai strategi untuk dikerjakan semaksimal mungkin. Dengan kehadiran tempat wisata ini mendapatkan hal positif bagi masyarakat yaitu meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk pengembangan tempat  wisata sini. Partisipasi masyarakat dalam pengembangan Objek Wisata Pantai Teluk Gosong Kabupaten Kotabaru termasuk dalam kategori baik. 

      Saran dari penulis adalah yang pertama bagi pihak pengelola wisata diharapkan untuk senantiasa melakukan inovasi untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung, seperti mengadakan lomba fotografi yang hasil fotonya dapat dijadikan sebagai media promosi. Yang kedua, dalam pembangunan pariwisata berbasis masyarakat yang diutamakan adalah inisiatif dan partisipasi masyarakat yang tinggi terhadap pengembangan pariwisata, akan lebih efektif dengan sering melakukan kegiatan rutin bersama masyarakat. Yang ketiga, partisipasi masyarakat harus lebih digalakkan lagi demi meningkatnya kesadaran wisata masyarakat Kabupaten Kotabaru.. Yang ke-Empat, pemerintah Kabupaten Kotabaru mau ikut ambil bagian dalam pengembangan Pantai Teluk Gosong maka dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) melalu pajak retribusi yang diambil dari para pengunjung yang datang, serta dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat. 

Kata kunci: partisipasi masyarakat, pengembangan objek

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI