DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbaikan User Interface Website E-Commerce Berdasarkan Evaluasi Penerimaan Untuk Meningkatkan Daya Tarik Pengguna (Studi Kasus: Hapeworld)
PENGARANG:ACHMAD NORDIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-19


Untuk menarik minat pengguna dalam membeli kebutuhannya melalui e-commerce, yang pertama dilihat oleh pengguna adalah tampilan antarmuka dari e-commerce, sehingga diperlukannya peningkatan dalam segi antarmuka tampilan dari e-commerce tersebut. Salah satu upaya meningkatkan daya tarik pengguna e-commerce adalah melakukan perbaikan antarmuka pengguna berdasarkan hasil evaluasi para pengguna dari tingkat penerimaan dan kualitas e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi user interface website e-commerce menggunakan hasil integrasi model UTAUT 2, Webqual 4.0, dan ISSM dan dianalisis menggunakan metode IPA dan memberikan rekomendasi perbaikan pada website berdasarkan hasil evaluasi serta kritik dan saran dari pengguna. Kuesioner dibagikan dalam 2 tahap yang kemudian hasil penilaian akan dibandingkan dan dilihat peningkatan kualitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah IPA (Importance Performance Analysis) menggunakan IBM SPSS 25 dan pengujian hipotesis menggunakan SmartPLS 3. sedangkan rekomendasi perbaikan dibuat menggunakan aplikasi Adobe XD berdasarkan aturan Eight Golden Rules dan hasil analisa metode IPA. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa variabel yang diperbaiki dari analisis Importance Performance Analysis yaitu Usability, Information Quality, Effort Expectancy, User Satisfaction dan Net Benefit. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Usability dan Net Benefit tidak berpengaruh positif terhadap User Satisfaction dan Information Quality, User Satisfaction, dan Net Benefit tidak berpengaruh positif terhadap Use. Selain itu ditemukan pengaruh positif antar variabel dengan variabel lainnya. Hasil rekomendasi perbaikan ditemukan bahwa Terdapat peningkatan yang cukup signifikan pada semua atribut model penelitian ini. Yaitu Usability naik sebesar 1,03, Performance Expectancy naik sebesar 0,88, Effort Expectancy naik sebesar 1,13, Facilitating Condition naik sebesar 1,09, Behavioral Intention naik sebesar 1,05, Use naik sebesar 0,93, dan User Satisfaction naik sebesar 1,08.Semua nilai variabel semakin mendekati 5 yang artinya sangat bagus dan hal itu membuktikan bahwa prototype rekomendasi perbaikan berdasarkan analisis IPA dan aturan Eight Golden Rules cukup berhasil meningkatkan kualitas E-Commerce Hapeworld.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI