DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN SASTRA DI AKADEMI BANGKU PANJANG MINGGU RAYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:DEWI FITRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-19


  ABSTRAK

Dewi Fitriyani. 2022. Kegiatan Sastra di “Akademi Bangku Panjang Minggu Raya” Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M. Pd dan Pembimbing II: Muhammad adhitya Hidayat Putra, M. Pd.

Minggu Raya terdapat kegiatan sastra yang tidak banyak dimiliki tempat lain diantaranya Poetry In Action, Tadarus Puisi, Musikalisasi Puisi, Rainy Day.Masalah penelitian skripsi ini adalah bagaimana profil “Akademi Bangku Panjang Minggu Raya”, bagaimana kegiatan sastra di “Akademi Bangku Panjang Minggu Raya” dan bagaimana kegiatan sastra di “Akademi Bangku Panjang Minggu Raya” sebagai sumber belajar IPS. Tujuan Penelitian: 1) Mendeskripsikan profil“Akademi Bangku Panjang Minggu Raya”; 2) Mendeskripsikan kegiatan sastra di “Akademi Bangku Panjang Minggu Raya”; 3) Mendeskripsikan kegiatan sastra di “Akademi Bangku Panjang Minggu Raya” sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini, menggambarkan dan menjelaskan kegiatan sastra yang ada di Akademi Bangku Panjang Minggu Raya dengan mengaitkan ke sumber belajar IPS. Subjek penelitian dengan penulis, seniman, akademisi, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan observasi di Minggu Raya, wawancara dengan pendiri, anggota Akademi Bangku Panjang Minggu Raya, seniman, dan Guru IPS dan dokumen berupa gambar kegiatan sastra dan data profil kelurahan Komet. Analisis data penelitian dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, member check, dan perpanjangan pengamatan.

Hasil yang ditemukan: 1) Profil tentang Akademi Bangku Panjang yang berada di Minggu Raya merupakan sebuah komunitas seni dan sastra dimana tempat sastrawan, seniman maupun masyarakat bertukar ide gagasan untuk membahas kesenian dan kesusastraan; 2) Kegiatan sastra di “Akademi Bangku Panjang Minggu Raya” mengajak masyarakat untuk menikmati, belajar menghargai dan menilai karya sastra; 3) Akademi Bangku Panjang Minggu Raya bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS dalam materi kelas VII yaitu interaksi sosial dan materi dinamika kependudukan Indonesia (keragaman etnik dan budaya), sehingga bisa diintegrasikan guru dalam mengajarkan materi ini ke peserta didik di sekolah.

Kata Kunci: Akademi Bangku Panjang Minggu Raya, Kegiatan Sastra, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI