DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR DARING PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP PLUS CITRA MADINATUL ILMI
PENGARANG:ROSALINA ALFIKA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-20


Semenjak adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan peserta didik untuk belajar dirumah, fasilitas yang dapat digunakan guru maupun peserta didik selama pembelajaran daring ialah: (1) Whatsapp, (2) Google Meet/Zoom, (3) Quizizz dan lain sebagainya. Permasalahan yang sering terjadi kepada peserta didik ialah kurang berkonsentrasi pada saat pembelajaran daring dimana ada beberapa peserta didik melakukan turn on/off kamera, dan adapula peserta didik yang mengalami kurangnya perhatian dari orang tua karena terlalu sibuk bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pembelajaran IPS secara daring yang dilakukan di SMP Plus Citra Madinatul Ilmi, (2) Upaya guru IP dalam mengatasi kendala pembelajaran IPS yang dilakukan secara daring di SMP Plus Citra Madinatul Ilmi.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru IPS. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi di SMP Plus Citra Madinatul Ilmi, wawancara dengan Guru IPS. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yaitu seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapat yaitu: (1) Deskripsi pembelajaran IPS secara daring yang dilakukan di SMP Plus Citra Madinatul Ilmi hanya menggunakan fasilitas internet seperti aplikasi whatsapp, google meet, quizziz dan lain sebagainya. (2) upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah belajar diantaranya, a. Meningkatkan motivasi belajar peseta didik, b. Upaya Meningkatkan Minat Belajar peserta didik, c. Menggunakan media atau metode pembelajaran, d. Memberikan latihan atau tugas yang berulang.

Kata Kunci: Permasalahan Belajar, Upaya Guru, Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI