DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA BARITO KABUPATEN BARITO SELATAN (STUDI PENGADUAN KUALITAS AIR)
PENGARANG:INDAH LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-20


Indah Lestari, 1710411320018 :“Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Studi Pengaduan Kualitas Air)”. Dibawah bimbingan Afrida Royati.

Latar belakang pada pelenitian ini yaitu adanya keluhan dari pelanggan tentang kualitas pelayanan di PDAM Tirta Barito mengenai pengaduan kualitas airnya dan respon petugas dalam perbaikannya masih kurang cepat sehingga membuat pelanggan harus menunggu lama.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Studi Pengaduan Kualitas Air) dan untuk mengetahui faktor yang menghambat kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan(Studi Pengaduan Kualitas Air).

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penlitian deskriptif.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder berupa dengan dokumen, artikel dan buku serta peraturan dari internet.Teknik pengumpulan data dengan wawancara dokumentasi dan observasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di PDAM Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Studi Pengaduan Kualitas Air) dilihat dari indikator tangible,reliability dan assurance sudah baik, sedangkan indikator responsiveness dan empathy masih kurang baik. Faktor penghambat pelayanan diantaranya : kurangnya jumlah petugas lapangan dan peralatan yang sudah tua. PDAM Tirta Barito sebaiknya menambah jumlah petugas lapangan dan melakukan pergantian pipa air yang sudah tua agar kualitas pelayanan sesuai dengan yang diharapkan para pelanggan.

 

Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, PDAM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI