DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESOLUSI KONFLIK PENGEMBANGAN EKOWISATA DI DESA KINARUM
PENGARANG:TISHA WILDAYANTI RAMADHINI
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-07-05


RINGKASAN
TISHA WILDAYANTI RAMADHINI, Resolusi Konflik Pengembangan Ekowisata di Desa Kinarum. Atas Bimbingan, Prof. Dr. Ir. H. Udiansyah, MS. selaku dosen pembimbing pertama dan Hj. Arfa Agustina R, S.Hut, MP. selaku dosen pembimbing kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konflik yang terjadi dalam proses pengembangan ekowisata di Desa Kinarum dan merumuskan resolusi konflik tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengetahui deskripsi yang menyeluruh mengenai kejadian-kejadian atau gejala-gejala yang ada di lapangan. Prosedur penelitian ini meliputi kegiatan penentuan jenis dan sumber data, pengumpulan data, dan analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Pemilihan informan dilakukan dengan snowball sampling. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diketahui bahwa konflik pengembangan ekowisata di Desa Kinarum terjadi antara Kepala Desa Kinarum dengan kelompok penebang liar dan antara KTH Watu Murung dengan kelompok penebang liar. Resolusi konflik yang dapat dilakukan untuk mengatasi konflik pengembangan ekowisata ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu persuasi, mediasi dan pemberdayaan, kemudian tahap kedua adalah koersi.
Kata kunci: konflik; ekowisata; resolusi konflik; penebangan liar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI