DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BUMDES (BUMDes) DI DESA PENYOLONGAN KECAMATAN KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:NITA ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-21


ABSTRAK

Nita Anggraini, 1610413320027, 2016. “Implementasi Kebijakan Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Penyolongan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.” Di bawah bimbingan Siti Hamidah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan program BUMDes dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan program BUMDes di Desa Penyolongan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah BumbuPenelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi, informan kunci meliputi tokoh masyarakat. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yang memberikan penjelasan mengenai implementasi kebijakan program Badan Usaha Milik Desa di Desa Penyolongan Kecamatan Kusan Hilir dengan prosedur, pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan program BUMDes di Desa Penyolongan didasari oleh keinginan untuk meningkatkan status ekonomi masyarakat di Desa Penyolongan, dengan menggali potensi yang ada di Desa Penyolongan bersumber dari Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan harapan bisa mewujudkan terciptanya Pendapatan Asli Desa (PAD) di Desa Penyolongan. Faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan program BUMDes di Desa Penyolongan adalah sulitnya mencari potensi dari Sumber Daya Alam (SDA) di Desa Penyolongan, contohnya satu-satunya sumber yang dapat dikembangkan adalah produksi kelapa yang masih terkendala oleh sulitnya mencari pemasaran yang tepat.

Berdasarkan hasil disarankan untuk Desa Penyolongan agar lebih memaksimalkan dalam program Badan Usaha Milik Desa dengan kebijakan yang telah ditentukan agar mencapai tujuan yang maksimal.

 

 

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI