DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam Perencanaan dan Penganggaran di Pemerintah Kabupaten Balangan
PENGARANG:MUCHAMMAD CHUSIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-21


ABSTRAK

 

MUCHAMMAD CHUSIN (1920422310007). 2022. Efektivitas Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam Perencanaan dan Penganggaran di Pemerintah Kabupaten Balangan. Tesis. Program Studi Magister Studi Pembangunan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 1: Ahmad Yunani dan Pembimbing 2: Yusuf Hidayat.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi kerja, kepemimpinan dan efektivitas Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam perencanaan dan pengganggaran APBD Kabupaten Balangan dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan kedisiplinan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terhadap efektivitas Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam perencanaan dan penganggaran APBD Kabupaten Balangan. Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah efektivitas Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam perencanaan dan penganggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah populasi penelitian yang berasal dari keanggotaan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Balangan.

Variabel penelitian yang digunakan yaitu efektivitas, motivasi, kepemimpinan dan kedisiplinan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Metode penelitian menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fenomena sosial tertentu, yang bermaksud mendeskripsikan secara terperinci tentang fakta-fakta dan data yang ada. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, regresi dan koefisien determinasi) dan Parsial (uji T) serta Simultan (uji F).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran efektivitas Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam perencanaan dan penganggaran APBD Kabupaten Balangan sebanyak 4 orang (17,4%) menyatakan sangat efektif, sebanyak 14 orang (60,9%) menyatakan efektif dan sebanyak 5 orang (21,7%) menyatakan cukup efektiv. Motivasi Kerja (X1) berpengaruh positif terhadap Efektivitas (Y) Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan kontribusi sebesar 58,1%, artinya semakin baik Motivasi Kerja (X1) maka Efektivas TAPD juga semakin baik. Kepemimpinan (X2) berpengaruh positif terhadap Efetivitas (Y) Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan kontribusi sebesar 59,7%, artinya semakin baik Kepemimpinan (X2) maka Efektivas TAPD juga semakin baik. Kedisiplinan (X3) berpengaruh positif terhadap Efetivitas (Y) Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan kontribusi sebesar 24,4%, artinya semakin baik Kedisiplinan (X3) maka Efektivas TAPD juga semakin baik.

Jadi secara keseluruhan Motivasi Kerja (X1), Kepemimpinan (X2), dan Kedisiplinan (X3) berpengaruh positif terhadap Efetivitas (Y) Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan kontribusi sebesar 80,5%, artinya semakin baik Motivasi Kerja (X1), Kepemimpinan (X2), dan Kedisiplinan (X3) maka Efektivas TAPD juga semakin baik.

 

Kata kunci: Anggaran, Efektivitas, Tim Anggaran Pemerintah Daerah

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI