DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK MEMBAYAR PIUTANG PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN PERKOTAAN (PBB-P2) PADA PEMERINTAH KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:RAKHMAD MAWARDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-21


RINGKASAN

 

Rakhmad Mawardi, 2022. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Membayar Piutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) pada Pemerintah Kabupaten Balangan. Yusuf Hidayat (Pembimbing Utama).

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor predisposisi (predisposing factor), pendukung (enabling factor) dan pendorong (reinforcing factor) pada kepatuhan wajib pajak membayar piutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Balangan.

Jenis penelitian kuantitatif kausalitas. Populasi penelitian adalah individu wajib pajak di kecamatan Paringin Selatan yang berada di 1 Kelurahan dan 4 Desa penunggak pajak tertinggi. Besarnya sampel adalah 200 responden yang distribusikan pada objek penelitian. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan penedekatan regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian diketahui bahwa faktor predisposisi (predisposing factor), pendukung (enabling factor) dan pendorong (reinforcing factor) berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak membayar piutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Balangan.

Kesimpulan penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak membayar piutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Balangan dipengaruhi oleh faktor predisposisi (predisposing factor), pendukung (enabling factor) dan pendorong (reinforcing factor). Saran dari penelitian ini untuk Bapeda yang bertugas terkait PBB-P2 untuk selalu melakukan evaluasi serta sosialisasi guna menurunkan tunggakan pajak.

 

Kata kunci: kepatuhan wajib pajak, faktor predisposisi (predisposing factor), faktor pendukung (enabling factor), faktor pendorong (reinforcing factor)


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI