DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN KONSTRUKSI
PENGARANG:Deni Purwanto
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-07-05


iv
ABSTRAK
Pengaruh era globalisasi membuat perusahaan-perusahaan konstruksi mulai memanfaatkan aplikasi teknologi informasi, termasuk perusahaan-perusahaan konstruksi yang berada di Kalimantan Selatan. Aplikasi teknologi informasi digunakan untuk membantu proses kerja menjadi lebih cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi teknologi informasi pada perusahaan konstruksi yang ada di Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura. Tujuan selanjutnya untuk mengetahui pemanfaatan komputer terhadap beban kerja karyawan dan dampak positifnya terhadap kinerja perusahaan konstruksi.
Tahapan penelitian ini dimulai dengan studi literatur yang diperoleh dari buku, internet, jurnal dan penelitian-penelitian terdahulu. Tahap selanjutnya mengidentifikasi dan mendesain kuesioner. Sampel diambil secara acak (random sampling). Populasi didapatkan dari GAPENSI. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis. Pengujian hipotesis menggunakan metode Chi Square.
Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa hampir seluruh karyawan menggunakan internet sebagai penunjang pekerjaan. Kebanyakan mendapatkan keahlian menggunakan komputer serta aplikasinya secara otodidak. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak dipakai. Aplikasi word processor yang banyak digunakan adalah Microsoft Word, sedangkan aplikasi spread sheet-nya adalah Microsoft Excel. Kemudian, kebanyakan karyawan perusahaan konstruksi menggunakan aplikasi atau metode lain untuk melakukan perhitungan struktur, sedangkan untuk perhitungan geoteknik dan manajemen proyek karyawan perusahaan konstruksi banyak menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan perhitungan atau uji statistik dengan taraf nyata α sebesar 0,05, diketahui bahwa pemanfaatan komputer berdampak positif terhadap kinerja perusahaan konstruksi dan membuktikan bahwa pemanfaatan komputer dapat mengurangi beban pekerjaan karyawan perusahaan konstruksi.
Kata kunci: teknologi informasi, aplikasi, perusahaan konstruksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI