DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SISTEM ZONASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD RAFI I
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-21


ABSTRAK

Muhammad Rafii, 2021. Pengaruh Sistem Zonasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Syahlan Mattiro, (II) Reski P.

Kata kunci: penerimaan siswa baru, sistem zonasi, motivasi belajar

Sistem zonasi adalah sebuah sistem pengaturan proses penerimaan siswa baru sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Adanya sistem zonasi ini adalah sebagai cara agar peserta didik bisa beradaptasi dengan sekolah yang dianggap mereka tidak sukai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) sistem zonasi, 2) motivasi belajar siswa dan 3) pengaruh sistem zonasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Martapura tahun pelajaran 2020/2021.

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian  seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Martapura dengan jumlah sebanyak 131 peserta didik, dan sampel  diambil sebanyak 32 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarluaskan secara langsung kepada sampel. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif dan regresi sederhana, dengan menggunakan SPSS Window Version 16.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan sistem zonasi dari peserta didik yang menjadi sampel penelitian mayoritas dalam kategori sedang (81,25%). 2) Motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Martapura tahun pelajaran 2020/2021 mayoritas dalam kategori sedang (90,63%). 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan sistem zonasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Martapura tahun pelajaran 2020/2021. Hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,587 dengan rtabel = 0,349, maka rxy > rtabel. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana, diperoleh a = 42,185 dan b = 0,453, jadi Y = 42,185 + 0,453X. Uji-t diperoleh thitung = 3,971, dengan ttabel = 2,042. Karena nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima H0 ditolak yang berarti variabel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y. Jika nilai Sig. lebih kecil dari α (0,05) maka dikatakan signifikan. Hasil perhitungan diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 sehingga signifikan.  

Berdasarkan hasil temuan dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sistem zonasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Martapura tahun pelajaran 2020/2021. Hal yang ini dapat disarankan beberapa hal untuk dipelihara dan ditingkatkan yaitu sistem zonasi dan motivasi belajar siswa. Peneliti lain disarankan untuk meneliti lebih jauh dalam mengembangkan independen variabel untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI