DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KOMUNIKASI HORIZONTAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Emil Chairani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-21


ABSTRAK

Emil Chairani, D1C114268, 2021, Peran Komunikasi Horizontal Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Sarwani dan Atika Rusli.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kota Banjarmasin dan sebagai organisasi pemerintahan yang mengatur, mengelola dan melaksanakan kebijakan daerah dalam bidang penataan lingkungan serta pelayanan dan pengolahan kebersihan Kota Banjarmasin. Sebagai organisasi pemerintahan yang memiliki banyak anggota organisasi di dalamnya, komunikasi dan koordinasi yang baik antar internal organisasi sangat dibutuhkan agar terlaksananya tugas masing-masing bidang secara optimal. Dalam hal ini, komunikasi horizontal memiliki peranan yang penting karena pada dasarnya para pegawai yang berada di unit atau bidang yang sama dapat saling berbagi informasi dengan mudah mengenai rencana dan kegiatan unit kerja nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran komunikasi horizontal dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata No.1 Blok D Lantai II, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan cara mewawancarai informan penelitian sebanyak 6 orang karyawan dan staf di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Horizontal di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin berjalan dengan baik dikarenakan budaya organisasi tinggi maka kinerja pegawai akan semakin tinggi. Selain itu dapat dimaknai ketika kinerja pegawai baik maka mereka akan melaksanakan pekerjaan dengan baik dan mereka tidak lagi merasa bosan dan merasa beban dalam bekerja. Hal ini disebabkan makin tinggi tingkat komunikasi sesama karyawan di lingkungan organisasi seorang pegawai maka kinerja mereka akan makin meningkat. Semakin baik motivasi orang akan dapat bekerja dengan baik dan memuncul kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Faktor komunikasi organisasi dan disiplin kerja yang mendukung di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang membuat kinerja pegawai akan naik sehingga mereka dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Pegawai akan merasa nyaman dan aman saat mereka melakukan pekerjaan yang diberikan. Hal ini disebabkan makin mendukung komunikasi seorang pegawai dengan pimpinan dan pegawai dengan pegawai serta kerjasama yang baik dalam segi internal maupun eksternal maka kinerja mereka akan makin baik dan menyelesaikan tugas akan lebih baik. 

Kata kunci: Komunikasi Horizontal, Pegawai, Dinas Lingkungan Hidup, Kota Banjarmasin, Komunikasi Organisasi.

 

ABSTRACT

Emil Chairani, D1C114268, 2021, The Role of Horizontal communication in Improving Employee Performance at the Banjarmasin City Environmental Service. Supervised by Sarwani as supervisor I and Atika Rusli as supervisor II.

The Banjarmasin City Environmental Service is one of the Regional Apparatus Work Units (SKPD) in the City of Banjarmasin and as a government organization that regulates, manages and implements regional policies in the field of environmental management as well as services and processing of cleanliness in the City of Banjarmasin. As a government organization that has many organizational members in it, good communication and coordination between internal organizations is needed so that the tasks of each field are carried out optimally. In this case, horizontal communication has an important role because basically employees who are in the same unit or field can easily share information with each other about the plans and activities of their work unit. The purpose of this study was to determine and describe how the role of horizontal communication in improving employee performance at the Banjarmasin City Environmental Service.

This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The research location is at the Banjarmasin City Environmental Service Office, Jalan RE Martadinata No.1 Blok D II Floor, Kertak Baru Ilir, Central Banjarmasin, Banjarmasin City, South Kalimantan by interviewing research informants as many as 6 employees and staff at the Banjarmasin Environmental Service. .

The results showed that Horizontal communication at the Banjarmasin City Environmental Service went well because of the high organizational culture, the higher the employee's performance. In addition, it can be interpreted that when employee performance is good, they will carry out their work well and they will no longer feel bored and feel burdened at work. This is because the more organizational culture of an employee, the more their performance will increase. The better the motivation, people will be able to work well and appear good performance in carrying out their daily tasks. Factors that support work discipline at the Banjarmasin City Environmental Service which makes employee performance will increase so that they can carry out their work well. Employees will feel comfortable and safe when they do the work assigned. This is because the more it supports the communication of an employee with the leadership and the employee with the employee as well as good cooperation in terms of internal and external then their performance will be better and completing tasks will be better.

Keywords: Horizontal communication, Employees, Environmental Service, Banjarmasin City, Organizational Communication.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI