DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN TEWEH TENGAH
PENGARANG:HENDRO BRAWIJAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-21


ABSTRAK 

Hendro Brawijaya, 1610413610011, 2021 “Kinerja Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Untuk  Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan di Kecamatan Teweh Tengah” dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Bapak Abdurrahman. 

 Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kinerja Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Untuk  Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan di Kecamatan Teweh Tengah. 

 Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe deskriftip kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu pegawai BPJS Kesehatan. Sumber data dikumpulkan melalui proses wawancara langsung dengan informan menggunakan panduan wawancara, obsevasi langsung tehadap aktivitas BPJS Kesehatan di Kecamatan Teweh Tengah serta studi dokumentasi atas dokumen-dokumen. 

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara umum pegawai BPJS Kesehatan di Kecamatan Teweh Tengan sudah memahami makna kinerja BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kecamatan Teweh Tengah. Faktor-faktor yang dimiliki untuk mendukung pelaksanaan penerapan kinerja yaitu komunikasi, sumber daya manusia, dan sikap/disposisi . Kualitas layanan kesehatan yang dihasilkan dari penerapan kinerja BPJS Kesehatan sudah baik. Dengan adanya sistem ini sangat membantu pegawai dalam proses penyajian laporan, karena penyajian laporan tidak pernah terhambat dan sangat mengefesienkan waktu, hal ini membuktikan bahwa sistem ini telah bekerja dengan baik, adapun kualitas layanan kesehatan yang dihasilkan dari penerapan kinerja BPJS Kesehatan yaitu andal, tepat waktu serta relevan. 

Saran untuk pihak BPJS Keseatan di Kecamatan Teweh Tengah yaitu lebih meningkatkan koordinasi, menigkatkan kualitas sumber daya manusia dengan melakukan pelatihan,diharapkan kepada pegawai dalam pengoperasian Kinerja agar lebih bertanggung jawab, diharapkan kepada pegawai agar lebih meningkatkan semangat kebersamaan dan koordinasi sehingga bisa lebih meningkatkan kualitas layanan kesehatan dengan baik. 

Kata kunci:BPJS Kesehatan, kinerja, penerapan, kualitas layanan kesehatan. 

 

ABSTRACT  

Hendro Brawijaya, 1610413610011, 2021 "The Performance of the Health Social Security Administration (BPJS) to Improve the Quality of Health Services in Teweh Tengah District" under the guidance of a Advisory Lecturer, Mr. Abdurrahman.  

This study aims to determine how the implementation of the Performance of the Social Security Administration (BPJS) for Health to Improve the Quality of Health Services in Teweh Tengah District.  

Methods This research uses a qualitative research approach with a qualitative descriptive type. The informants in this study were BPJS Health employees. Sources of data were collected through direct interviews with informants using interview guides, direct observation of BPJS Health activities in Teweh Tengah District and documentation studies of documents.  

The results of the study indicate that in general BPJS Health employees in Teweh Tengan District have understood the meaning of BPJS Health's performance to improve the quality of health services in Teweh Tengah District. The factors that are owned to support the implementation of performance implementation are communication, human resources, and attitude/disposition. The quality of health services resulting from the implementation of BPJS Health's performance is good. With this system, it is very helpful for employees in the process of presenting reports, because the presentation of reports is never hampered and is very time efficient, this proves that this system has worked well, as for the quality of health services resulting from the implementation of BPJS Health performance, namely reliable, timely as well as relevant.  

Suggestions for BPJS Health in Central Teweh District are to further improve coordination, improve the quality of human resources by conducting training, it is hoped that employees in operating performance will be more responsible, it is hoped that employees will further increase the spirit of togetherness and coordination so that they can further improve service quality. good health.  

Keywords: BPJS Health, performance, implementation, quality of health services. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI