DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Mikroskopis Semen Kambing (PE) yang Disuplementasi Tepung Daun Kelor
PENGARANG:SUSIYANTI MANI ANDIKA -1476
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-22


SUSIYANTI MANI ANDIKA. Kualitas Mikroskopis Semen Kambing Peranakan Etawah (PE)Yang Disuplementasi Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera Lam). dibimbing oleh drh. Muhammad Riyadhi, M.Si dan Ir. Anis Wahdi, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun kelor terhadap kualitas semen secara mikroskopis kambing peranakan etawah. Penelitian dilaksanakan pada bulan September hingga November tahun 2021, di kandang kelompok Tani Rukun Jaya Makmur, Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin dan Laboratorium Produksi Ternak Fakultas Pertanian ULM.

Penelitian pada kelompok perlakuan menggunakan pakan konsentrat ditambahkan dengan 15% tepung daun kelor dari bobot konsentrat, sedangkan kelompok kontrol menggunakan pakan konsentrat 1% dari bobot badan tanpa tambahan tepung daun kelor. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung daun kelor yang ditambahkan dengan pakan konsentrat nyata lebih tinggi (P<0,05) terhadap motilitas dan viabilitas spermatozoa, tetapi tidak terlihatperbedaan nyata (P>0,05) pada gerakan massa dan konsentrasi spermatozoa terhadap kambing peranakan etawah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI