DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI DALAM BELANJA MODAL TRUK PENGANGKUT SAMPAH PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ERDILLA NOORMULIA RAYSALEFTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-22


Erdilla Noormulia Raysalefty (2022). Analisis Kelayakan Investasi dalam Belanja Modal Truk Pengangkut Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Monica Rahardian Ary Helmina, SE, M.Si.

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan kelayakan rencana investasi penambahan truk pengangkut sampah berupa dump truck oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, ditinjau dari penilaian kriteria investasi yaitu dari sisi kelayakan  teknis, sosial dan ekonomi.

Lokasi penelitian ini di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang beralamat di Jalan RE Martadinata No.1, Kertak Baru Ilir Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder berupa Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Laporan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Retribusi Sampah dan wawancara langsung kepada Kepala Bagian Pengeleloaan Sampah dan Bagian Perencanaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: mengetahui kebutuhan dan dan sumber dana investasi, membuat ramalan pendapatan retribusi selama umur ekonomis menggunakan trend dengan metode least square, membuat ramalan biaya operasional selama umur ekonomis menggunakan least square, menilai usulan investasi dengan aspek teknis, aspek sosial dan aspek ekonomi dengan metode NPV, IRR, CBA.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari hasil analisis aspek teknis dapat dilihat bahwa berdasarkan beberapa parameter, maka investasi pemerintah untuk penambahan truk pengangkut sampah layak dilaksanakan. (2) Dari hasil analisis manfaat sosial dapat dilihat bahwa investasi pemerintah untuk penambahan truk pengangkut sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin layak menjadi prioritas utama dan layak untuk dilaksanakan. (3) Metode Net Present Value (NPV) dengan social discount rate 9% menghasilkan NPV negatif sebesar Rp.-764.123.860, ini berarti investasi penambahan truk pengangkut sampah tidak layak untuk dilakukan. (4) Nilai Internal Rate of Return (IRR) tidak dapat dicari karena present value biaya negatif semuasehingga tidak dapat dicari nilai NPV yang positif. (5) Metode Cost Benefit Analysis (CBA) hasil perbandingan antara benefit / cost menghasilkan angka 0.49 yang artinya kurang dari 1, maka analisis keyalakan investasi penambahan truk pengangkut sampah tidak layak untuk dilakukan. 

 

Kata Kunci:     Investasi, Net Present Value (NPV), Nilai Internal Rate of Return (IRR), Cost Benefit Analysis (CBA), Manfaat Sosial, Aspek Teknis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI