DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA NUR INDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-22


ABSTRAKSI

 

Indriani, Aulia (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasiterhadap Organizational Citizenship Behavior Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin. Pembimbing: Akhid Yulianto.

Pegawai yang baik cenderung menunjukkan OCB pada lingkungan kerjanya, yang membantu dalam pencapaian tujuan organisasi secara optimal. Penelitian bertujuan untuk mengatahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PNS Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin secara parsial dan simultan.

Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 22. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden sebelum diolah. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Adapun jumlah data yang digunakan untuk tujuan  analisis diperoleh dari 86 responden (n=86).

Hasil analisis data membuktikan bahwa pada kelompok responden PNS Dinas Pendidikan Kota Bnajarmasin: kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (2) komitmen organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), (3) kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan atau bersama–sama memiliki pengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB).

 

Kata kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship Behavior

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI