DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII
PENGARANG:LITASARI ANANDA SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-25


Berdasarkan Indonesia National Assesment Program (INAP), kemampuan matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Padahal matematika adalah ilmu pengetahuan yang sangat penting untuk dikuasai karena memiliki manfaat besar dalam kehidupan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa adalah menciptakan pembelajaran yang tepat dengan menggunakan e-modul yang menarik. E-modul yang menarik salah satunya adalah modul berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses pengembangan e-modul sistem persamaan linear dua variabel berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP/MTS kelas VIII yang dikembangkan (2) mengetahui tingkat kevalidan e-modul sistem persamaan linear dua variabel berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP kelas VIII yang dikembangkan dan (3) mengetahui tingkat keefektifan e-modul sistem persamaan linear dua variabel berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP/MTS kelas VIII yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) berdasarkan model dari Plomp. Fase yang dilakukan yaitu fase investigasi awal (prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), serta fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi, angket siswa, serta tes. Validasi dilakukan oleh 4 validator. Uji coba dilakukan kepada 6 siswa dengan 2 kemampuan rendah, 2 sedang, dan 2 tinggi. Berdasarkan angket yang diisi validator, dapat disimpulkan e-modul valid karena diperoleh skor rata-rata yaitu 3,67. Berdasarkan uji coba kelompok kecil, e-modul dikatakan efektif, karena siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM mencapai 80%, serta respon siswa terhadap e-modul adalah baik dengan skor rata-rata 79,60%. Berdasarkan hal yang telah diuraikan, maka dengan demikian kriteria kevalidan dan keefektifan e-modul SPLDV berbasis etnomatematika ini dapat dikatakan tercapai.

Kata kunci: E-modul, etnomatematika, sistem persamaan linear dua variabel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI