DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EKSISTENSI PERKUMPULAN KESENIAN SAMPURNO BUDOYO DALAM MELESTARIKAN TARI BANYUWANGIAN DI DESA TEGALREJO KECAMATAN KELUMPANG HILIR KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:CINDY MYRANITA S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-25


Penelitian ini meneliti tentang eksistensi perkumpulan kesenian Sampurno Budoyo dalam melestarikan Tari Banyuwangian di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi Perkumpulan Kesenian Sampurno Budoyo dalam melestarikan Tari Banyuwangian beserta faktor-faktor yang mempengaruhi eksistensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan eksploratif yang dilaksanakan di Perkumpulan Kesenian Sampurno Budoyo yang terletak di Desa Tegalrejo Rt 01 Dusun 1 Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru pada bulan April sampai dengan bulan Juli 2021. Data yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data (observasi langsung, objek wawancara, dan dokumentasi).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keberadaan Tari Banyuwangi di Perkumpulan Kesenian Sampurno Budoyo yang dimaksudkan sebagai wadah pelestarian kesenian di Desa Tegalrejo yang harus tetap dilestarikan (2) berbagai upaya dilakukan perkumpulan kesenian Sampurno Budoyo seperti latihan rutin, persiapan pertunjukan,  menerapkan sistem kekeluargaan, campursari sebagai media pelestarian dan kolaborasi dengan perkumpulan kesenian lain (3) Eksistensi dalam Perkumpulan Kesenian Sampurno Budoyo yaitu faktor-faktor eksistensi seperti faktor external dan faktor internal kemudian keikutsertaan dalam setiap acara di berbagai tempat didalam maupun diluar Kabupaten Kotabaru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI