DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAH DAERAH, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PENGENDALIAN AKUNTANSI TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Empiris pada SKPD di Kabupaten Kapuas)
PENGARANG:ULFAH FEBRIYANI ERINTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-26


Ulfah Febriyani Erinto (2022). “Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Pengendalian Akuntansi Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Empriris Pada SKPD di Kabupaten Kapuas)”. Pembimbing : Dra. Rasidah, M.Si, Ak, CA, CPA.

            Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis (1) Pengaruh Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas; (2) Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas; (3) Pengaruh Pengendalian Akuntansi terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

            Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 40 responden dari 10 SKPD. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda. Pengujian kualitas data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik t dan uji koefisien determinasi (R2).

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem akuntansi pemerintah daerah berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,019 < 0,05. Kejelasan sasaran anggaran berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05.  Pengendalian akuntansi berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,016 < 0,05.

 

Kata Kunci : Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah, Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Pengendalian Akuntansi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI