DIGITAL LIBRARY



JUDUL: IDENTIFIKASI IKAN AIR TAWAR DI PASAR CEMPAKA KELURAHAN CEMPAKA KECAMATAN CEMPAKA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD AMIN BAWAZIER
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-26


 

ABSTRAK

Pasar Cempaka adalah pasar yang menjual kebutuhan pokok masyarakat cempaka salah satu contohnya adalah kebutuhan pokok pangan seperti ikan sehingga potensi untuk mengetahui berbagai bidang perikanan terbuka. Penelitian ini bertujuan: 1. Mengindentifikasi jenis, harga dan volume ikan air tawar, 2. Menganalisis saluran pemasaran ikan air tawar, 3. Menganalisis margin pemasaran ikan air tawar. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara sensus untuk responden (pedagang pengecer), dan untuk produsen adalah dengan metode snowball sampling. Hasil penelitian ini adalah Jenis ikan air tawar yang terdapat di pasar cempaka berjumlah 6 ikan yang dominan di jual seperti patin (Pangsius hypophthalmus), gabus (Channa striata), papuyu (Anabas testudineus), nila (Oreochromis niloticus), sepat (Trichogaster trichopterus), baung (Hemibagrus nemurus). Beberapa jenis ikan air tawar segar ini ialah jenis ikan yang selalu tersedia di Pasar Cempaka. harga ikan patin adalah Rp. 30.000, Gabus Rp. 60.000, papuyu Rp. 80.000, nila Rp. 35.000, Sepat Rp. 20.000, Baung Rp. 40.000. Harga ikan yang tertinggi adalah gabus yaitu sebesar Rp. 80.000/Kg sedangkan harga ikan yang terendah adalah ikan sepat yaitu sebesar Rp. 20.000/Kg. jumlah volume ikan patin 90 kg, gabus 135 kg, papuyu 100 kg, nila 35 kg, sepat 20 kg, baung 30 kg. Volume ikan yang tertinggi yaitu ikan gabus sebesar 135 kilogram per hari. Sedangkan volume ikan terendah yaitu ikan sepat sebesar 20 kilogram per hari. Saluran pemasaran ikan air tawar segar di Pasar Cempaka dua lembaga pemasaran yaitu pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Pola saluran pemasaran yang ada berpengaruh terhadap besar kecilnya biaya pemasaran serta besar kecilnya harga yang dibayarkan oleh konsumen akhir dalam memasarkan ikan air tawar di Pasar Cempaka. Berdasarkan hasilpenelitian saluran pemasaran ikan air tawar dari tingkat produsen hingga ketingkat konsumen akhir memiliki 1 pola pemasaran yaitu sebagai berikut. Produsen        Pedagang pengumpul        Pedagangpengecer        Konsumen Akhir. Margin pemasaran berdasarkan harga penjualan dan pembelian adalah ikan patin Rp. 9.000, gabus Rp. 15.000, papuyu Rp. 20.000, nila Rp. 5.000, sepat Rp. 5.000, dan baung Rp. 10.000. Margin pemasaran ikan air tawar berdasarkan harga pokok adalah ikan patin 43%, gabus 33%, papuyu 33%, nila 17%, sepat 33%, dan baung 33%. Margin pemasaran ikan air tawar berdasarkan harga eceran adalah ikan patin 30%, gabus 25%, papuyu 25%, nila 14%, sepat 25%, dan baung 25%.

Kata Kunci : Jenis Ikan Air Tawar, Harga, Volume, Saluran Pasar, Margin Pemasaran

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI