DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kompos Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Terhadap Sifat Kimia dan Pertumbuhan Cabai Merah (Capsicum Annum L.) di Tanah Podsolik Kalimantan Selatan
PENGARANG:M. NOORRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-26


Lahan Basah di Kalimantan Selatan merupakan lahan yang kaya akan bahan organik yang berasal dari biomasa gulma air. Gulma air biasanya lebih dikaitkan dengan potensi seagai sumber bahan organik. Salah satu bahan organik sebagai potensi lahan basah adalah eceng gondok yang dapat dijadikan kompos. Eceng gondok ini mempunyai sifat-sifat yang baik antara lain menyerap logam- logam berat gondok juga memiliki kandungan N, P, dan K yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk kompos eceng gondok nantinya dapat digunakan pada lahan yang kurang subur, tanah Podsolik, sehingga dapat meninggkatkan kesuburan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos eceng gondok terhadap N-total tanah, pH tanah, tinggi tanaman dan berat kering tanaman cabai merah di tanah Podsolik Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal berupa pemberian dosis kompos eceng gondok pada tanah podsollik untuk tanaman cabai merah. Dosis yang diujikan terdiri dari lima taraf dosis pemberian kompos eceng gondok, antara lain: a). KE 0 = kontrol b). KE 1 = Dosis 1 ton/hektar; c). KE 2 = Dosis 2 ton/hektar; d). KE 3 = Dosis 3 ton/hektar; e). KE 4 = Dosis 4 ton/hektar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompos eceng gondok pada tanah Podsolik berpengaruh terhadap pH, N- total, tinggi tanaman, berat kering tanaman.

 

Kata kunci : Kompos Eceng Gondok, Cabai Merah, Tanah Podsolik, pH, N-total.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI