DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul Berbasis Konseling Model KIPAS untuk Meningkatkan Nilai Karakter Peduli Sosial pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Banjarmasin
PENGARANG:NORLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-26


Norliana. 2021. Pengembangan Modul Berbasis Konseling Model KIPAS untuk Meningkatkan Nilai Karakter Peduli Sosial. Pembimbing: (I) Akhmad Sugianto, (II) Ali Rachman

Kata Kunci: Modul KIPAS, Konseling KIPAS, Peduli Sosial

Pergeseran kehidupan dapat mengurangi kepedulian sosial yang disebabkan oleh berbagai factor, diantaranya arus modernitas yang kian mekanis sehingga relasi yang berbasis ketulusan semakin tidak bisa dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  efektivitas modul Kupas Inti Persaudaraan Antar Sesama (KIPAS) dapat digunakan untuk meningkatkan nilai karakter peduli sosial siswa pada kelas XI SMA Negeri 6 Banjarmasin.

Penelitian menggunakan pendekatan Mix Method dengan jenis penelitian pengembangan. Alat pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan teknik penarikan sample dengan cara purposive sampling. Sample yang diperoleh berjumlah enam orang siswa kelas XI SMA Negeri 6 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan teknik analisis ICC dan Wilcoxon.

Hasil penelitian yang didapat adalah modul KIPAS dapat meningkatkan nilai karakter peduli sosial, dilihat dari adanya berbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan signifikan asymp sig (2 tailed) = 0,028 < 0,05 menggunakan Uji Wilcoxon. Data tersebut sejalan dengan Uji Modul yang menggunakan ICC, dimana Modul KIPAS berguna, layak, dan tepat digunakan untuk meningkatkan nilai karakter peduli sosial peserta didik kelas XI di SMA Negeri 6 banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI