DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, DAGANG DAN MANUFAKTUR
PENGARANG:ASMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-26


ABSTRAK

 

Asma. 2021. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang Dan Manufaktur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Dibawah Bimbingan Ibu Mahmudah Hasanah, M.Pd).

 

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis web (e-learning) terhadap hasil belajar mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dengan menggunakan 39 siswa dari kelas XII AKL A dan AKL B SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan pilihan ganda, yaitu pretest dan posttest. Hasil dari uji validitas 0,404-0,784, uji reliabilitas 0,97, taraf kesukaran 0,21-0,76, daya pembeda 0,040-0,0784. Hipotesis penelitian menunjukkan pada efektivitas pembelajaran berbasis web (e-learning) terhadap hasil belajar praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Hasil penelitian uji independent sample t test 0,001 <0,05 terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan, dan N-Gain Score pada kelas eksperimen didapat mean 57,5101 (57,51%) termasuk dalam kategori cukup efektif.

Kata Kunci: Efektivitas pembelajaran, web (e-learning), hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI