DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN DALAM PEMBINAAN KARAKTER di KELURAHAN BANUA ANYAR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS
PENGARANG:Karenina Panca Kiranti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-27


Saat ini pendidikan karakter tidak hanya terjadi pendidikan formal saja namun juga dapat terjadi di pendidikan non formal satu diantaranya melalui Taman Pendidikan Al-Quran. Taman Pendidikan Al-Quran tidak hanya dituntut untuk sukses dalam mempelajari al-quran tetapi juga dituntut untuk menghasilkan santri yang memiliki karakter agar menjadi warga Negara yang baik. Hal ini sejalan dengan tujuan dari lPS yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membantu menjadikan manusia menjadi lebih baik. Melalui pembelajaran IPS karakter yang muncul di Taman Pendidikan Al-Quran Ar-Raudhah dapat dimasukkan kedalam materi pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan profil Taman Pendidikan Al-Quran; 2) Mendeskripsikan kontribusi TPA dalam pembinaan karakter di Kelurahan Banua Anyar; 3). Menganalisis kontribusi Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dalam Pembinaan Karakter di Kelurahan Banua Anyar sebagai Sumber Pembelajaran IPS.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, mendeskripsikan bagaimana kontribusi Taman Pendidikan Al-Quran dalam pembinaan karakter sebagai sumber pembelajaran IPS. Subjek dalam penelitian yaitu; pengelola Taman Pendidikan Al-Quran, orang tua santri serta akademisi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara kepada pengelola TPA, orang tua santri dan akademisi, observasi atau pengamatan terhadap Taman Pendidikan Al-Quran Ar-Raudhah Banjarmasin dan dokumentasi baik berupa gambar dan rekaman. Analisis data melalui reduksi data berdasarkan tujuan  penelitian, penyajian data berdasarkan uraian dan dilengkapi dengan tabel, gambar, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1). Taman Pendidikan Al-Quran Ar-Raudhah Banjarmasin terletak di Jalan Pangeran Hidayatullah RT.15 No.1 Kelurahan Banua Anyar ; 2). Terdapat tiga kegiatan yang dapat membantu dalam pendidikan karakter yaitu; kegiatan murajaah, kegiatan membaca al-quran dan kegiatan ceramah kisah-kisah  Nabi; 3). Ketiga kegiatan di Taman Pendidikan Al-Quran dapat dijadikan sumber pembelajaran IPS. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan IPS. Simpulan dari penelitian ini Taman Pendidikan Al-Quran Ar-Raudhah didirikan dengan latar belakang untuk memudahkan masyarakat agar dapat membaca serta belajar Al-Quran dengan baik. Pendidikan IPS memiliki hakikat yaitu pendidikan yang berbasis nilai, sehingga sebagai guru diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran sekaligus dapat menanamkan nilai yang baik bagi peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI