DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DEMOKRASI DELIBERATIF DALAM MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA TRAHEAN TAHUN 2021
PENGARANG:Budi Rahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-04-27


ABSTRAK

            Budi Rahman, 1810413310017, 2022. “Demokrasi Deliberatif Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa di Desa Trahean Tahun 2021” Dibimbing oleh Siti Mauliana Hairini.

            Latar belakang penelitian berawal dari pembangunan di Desa Trahean yang tergolong cukup maju dan memadai dari segi sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui proses deliberasi perencanaan pembangunan desa melalui pelaksanaan musrenbangdes di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara.

            Metode penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan sumber data primer yaitu wawancara dan observasi dan data sekunder yaitu dokumentasi terkait hasil musrenbang desa trahean.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa demokrasi deliberatif dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Trahean terbentuk cukup baik dengan melibatkan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat desa untuk ikut merencanakan perencanaan pembangunan desa melalui ruang-rurang publik dalam tahapan Musrenbangdes. Demokrasi deliberatif yang terbangun di desa Traehan terbentuk melalui adanya ruang-ruang publik yang berkesinambungan dengan adanya pertimbangan-pertimbangan dari ruang publik informal menuju ruang publik formal sehingga terintegrasinya perencanaan pembangunan desa melalui pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan desa.

            Saran penelitian diharapkan pemerintah desa sebagai nahkoda pembangunan desa mampu menyelaraskan proses deliberasi dalam setiap ruang publik perencanaan pembangunan dengan baik dan seimbang serta mampu meningkatkan keterlibatan dan peran masyarakat dalam pengambilan keputusan dalam perencanaan pembangunan desa

Kata Kunci : Demokrasi Deliberatif, Ruang Publik, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI