DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP | |
PENGARANG | : | WIWI WIDIATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-04-28 |
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kemampuan penalaran
matematika khususnya pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung belum
mencapai Kriteria Ketuntusan Minimal (KKM). Sehingga diperlukannya suatu
perangkat pembelajaran yang mampu memfasilitasi kemampuan penalaran
matematika peserta didik. Perangkat pembelajaran yang saat ini banyak digunakan
oleh pendidik yaitu berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Untuk
menunjang kemampuan penalaran, LKPD yang dibuat harus mengikuti model
pembelajaran yang membimbing peserta didik untuk menggunakan kemampuan
penalaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan
penalaran adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis PBL untuk
memfasilitasi kemampuan penalaran peserta didik yang valid. Penelitian
pengembangan ini menggunakan model pengembangan menurut Plomp yang
memiliki beberapa tahap yaitu tahap investagi awal, tahap desain, tahap
realisasi/kontruksi, dan tahap tes, evaluasi, dan revisi. Hasil uji validasi dari
validator menujukkan bahwa LKPD berbasis PBL untuk memfasilitasi
kemampuan penalaran yang dikembangkan valid dengan kriteria kevalidan
dengan nilai 3,31.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI