DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENYELESAIAN TINDAK LANJUT REKOMENDASI HASIL PEMERIKSAAN BPK PADA KABUPATEN BARITO SELATAN
PENGARANG:EKA ANASTASIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-09


Eka Anastasia Putri. (2022) Implementasi Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Rekomendasi BPK pada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan. Pembimbing: Dr. Novita Weningtyas Respati, SE, M.Si, Ak, CA

            Penyelesaian tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan BPK sering lambat dalam penyelesaian temuan apabila tidak ditindaklanjuti, maka akan terjadi penumpukkan sisa temuan yang belum selesai dan berpengaruh terhadap penilaian kinerja dari pejabat SKPD. Penelitian ini bertujuan (1) untuk memberikan gambaran penyelesaian tindaklanjut rekomendasi BPK pada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (2) untuk memberikan gambaran mengenai aspek-aspek yang mempengaruhi penyelesaian tindaklanjut rekomendasi BPK.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis dalam penelitian ini dilakukan untuk untuk tahun 2014-2020. Data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan seluruh data atau fakta yang diperoleh mengenai penyelesaian tindaklanjut rekomendasi BPK pada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan.

Berdasarkan penelitian ini bahwa dari tahun 2014 sampai tahun 2020, BPK memberikan 129 temuan dan 293 rekomendasi terhadap LKPD Kabupaten Barito Selatan berdasarkan data dapat diketahui ada 170 rekomendasi yang telah sesuai dengan persentase 53,31%, dan 120 yang belum selesai/sesuai dengan persentase 45,14% serta 3 rekomendasi yang belum ditindaklanjuti dengan persentase 1,55%. Aspek-aspek yang mempengaruhi penyelesaian tindaklanjut adalah sumber daya manusia (SDM), tidak paham rekomendasi yang diberikan, lemahnya SPIP, mutasi, tidak ada sanksi yang diberikan jika terlambat dalam penyelesaian TLHP, dan kurang nya kesadaran atas koordinasi.

Kata Kunci : Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), Tindak Lanjut Audit BPK.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI