DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:FERDY RAHMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-09


ABSTRAK

Ferdy Rahmadhani (1710414210009). 2022. Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunkasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat. Di bawah bimbingan Bapak Fahrianoor dan Bapak Sarwani.

Komunikasi adalah salah satu keperluan dasar setiap manusia yang tersusun dalam kategori kebutuhan sosial. Melalui perkembangan teknologi yang semakin pesat berkembang menyebabkan komunikasi juga ikut berkembang. Saat ini, setiap orang dapat berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh hanya menggunakan aplikasi pesan instan pada gawai mereka, salah satunya WhatsApp. WhatsApp memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk berkomunikasi, seperti Video Call, Telepon, Voice Note dan chat. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui motif yang mempengaruhi penggunaan empat fitur komunikasi WhatsApp terhadap kepuasan pengguna WhatsApp.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe penelitian survei, dengan pengumpulan data dengan cara membagikan kuisioner melalui Google Form secara online kepada 200 responden dari angkatan 2018, 2019, dan 2020 mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambug Mangkurat. Teori yang digunakan uses and gratification.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai r hitung > r tabel (0.733> 0.138), dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.537 dan koefisien regresi sebesar 3.238. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan fitur komunikasi WhatsApp memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna WhatsApp dengan pengaruh yang diberikan sebesar 53.7%.

Kata Kunci: Fitur KomunikasiWhatsApp, Kepuasan, Motif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI