DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI GURU HONORER DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUPNYA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN
PENGARANG:HENI IKAPRAHESTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-05-10


Penelitian ini membahas tentang strategi guru honorer dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya di SMA Muhammadiyah 2 Banjarmasin Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis : (1) strategi guru honorer dalam memenuhi aspek kebutuhan fisik, (2) aspek kebutuhan rasa aman, (3) aspek kebutuhan sosial, (4) aspek kebutuhan penghargaan, dan (5) aspek kebutuhan aktualisasi diri.

Penelitian ini menggunaka metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan tujuh orang informan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan Langkah-langkah reduksi data, display dan verification.

Hasil penelitian menunjukan: (1) strategi guru honorer dalam memenuhi aspek kebutuhan fisik dengan mengajar di sekolah berbeda, mencari pekerjaan tambahan, dan berhemat, (2) aspek kebutuhan rasa aman dengan mengontrol diri dan emosi agar terhindar dari kecemasan, khawatir, stress, perselisihan dengan orang lain, (3) aspek kebutuhan sosial dengan menjaga hubungan baik, bersilaturahmi, berdiskusi dalam segala hal, (4) aspek kebutuhan penghargaan dengan menekuni serta mengembangkan latar belakang bidang ilmu yang mereka tekuni, mampu bertahan setia di SMA Muhammadiyah 2 Banjarmasin sehingga penghargaan berupa jabatan dan tunjangan kerja diperolah, dan (5) aspek kebutuhan aktualisasi diri dengan mengembangkan potensi diri, mengikuti peluang untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas sebagai guru, dan terus berusaha mengikuti seleksi menjadi ASN. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran: (1) mengatur waktu dengan baik antara profesi guru dan pekerjaan tambahan, (2) meningkatkan rasa syukur dan menjaga hubungan baik dengan sesama, (3)  menciptakan suasana kekeluargaan agar dalam bekerja terasa damai, (4) meningkatkan kinerja dan kompetensinya, dan (5) menjadikan setiap kegagalan pelajaran dan terus meningkatkan kompetensi profesionalitas keguruan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI